Kreatif Olah Jamur Tiram jadi Panganan Lezat

Kreatif Olah Jamur Tiram jadi Panganan Lezat

hariansuara.com, Jakarta - Makanan ringan ini bentuknya sekilas seperti perkedel. Bulat kecil tidak terlalu besar. Tekstur luarnya pun kasar. Sebelum dimakan terlebih dahulu harus digoreng. Setelah digoreng lantas disajikan. Enak jika disajikan saat masih hangat bersama keluarga atau orang tercinta. Renyah rasanya saat dikunyah. Terasa seperti ada keju didalamnya. Rasanya nagih! Apalagi ada sambal disampingnya, makan satu bungkus pun rasanya kurang.

Ya, Lia Kusumawardhani menamakan produk olahan jamur tiramnya ini sebagai bola-bola jamur. "Ini salah satu produk diversifikasi dari usaha Jamur Tiram Ninikus yang menjadi usaha keluarga saya," tuturnya beberapa waktu lalu.

Awal Lia beserta keluarganya mulai mengembangkan budidaya Jamur Tiram ini sekitar lima tahun lalu. Kebetulan dirinya punya lahan di wilayah Gadod, Jawa Barat. Kemudian dia pun berpikir bagaimana supaya lahan yang luas itu bisa berguna dan bermanfaat bagi orang lain.

"Kami pun berinisiatif untuk memanfaatkan lahan itu untuk memproduksi Jamur Tiram sekaligus juga memberdayakan masyarakat sekitar," tuturnya.

Nama Ninikus sendiri diambil dari nama ibunya. Nini itu berarti nenek dan Kus nama ibunya. "Jadi intinya usaha ini adalah hobi agar ibu saya masih tetap aktif,"tandas Lia.

Lantas kenapa produksi Jamur Tiram? alasannya karena jarum jenis ini lebih praktis dibanding dengan misal jamur kancing yang repot. Selain itu Jamur Tiram praktis juga untuk diolah jadi makanan dan dibudidayakan.

Jamur tiram ini termasuk Jamur pangan dari kelompok Basidiomycota dan termasuk kelas Homobasidiomycetes dengan ciri-ciri umum tubuh buah berwarna putih hingga krem dan tudungnya berbentuk setengah lingkaran mirip cangkang tiram dengan bagian tengah agak cekung.

Jadi untuk produksi jamurnya, setiap rumah kumbung seluas 300 meter berisi ribuan log dan tiap log baru bisa dipanen setelah dua bulan. Satu bulan pertama masa inkubasi, satu bulan berikutnya media serbuk gergaji berwarna coklat itu akan berubah menjadi putih sehingga ketika tumbuh jamurnya juga berwarna putih bersih. Butuh satu bulan untuk perubahan itu makanya setelah dua bulan baru mulai berjamur.

Dan untuk olahan jamur tiramnya , seperti panganan bola-bola jamur dalam dua kilo jamur tiram bisa dibuat 16 bungkus bola-bola jamur. Lia mengatakan dalam sebulannya bisa sampai 50 bungkus. Dipasarkannnya, tidak terlalu ribet ,Lia mengandalkan jejaring pertemanan dan melalui online melalaui websitenya.

Selain diolah menjadi makanan yang dibuat di wilayah Pejompongan. Mentahan Jamur Tiram Ninikus ini juga diambil langsung oleh pengepul di Gadog. Saat ini Lia sudah memiliki pengepul yang memasarkan hasil panen untuk pasar lokal maupun dikirim ke Jakarta. Produksi jamur tiramnya digerakkan oleh kakak Lia dengan dibantu lima pekerja dengan tugasnya masing-masing.

"Selama lima tahun ini usaha keluarga ini terus berjalan, margin tidak terlalu penting yang penting ibu kus tetap bisa sibuk dimasa tuanya," ujarnya.

Tentu memproduksi jamur Tiram punya tantangannya sendiri. Lia berujar kondisi idealnya adalah iklim jangan terlalu hujan ataupun kering alias beriklim sedang. Ditambah juga tidak boleh ada hewan di sekitarnya, misal kambing karena bisa sebabkan bau tak sedap untuk jamur.

"Dan juga jangan pada mau waktu lebaran karena pasar lebih suka ayam. Kalau mau lebaran kita stop dulu produksinya, "tutur Lia yang saat ini tergabung sebagai anggota Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) yang aktif membantu kegiatan positif IWAPI membantu ibu-ibu UKM.

Nah, selain digunakan untuk tempat produksi, tempat Jamur Tiram Ninikus juga menerima kunjungan wisata edukasi melihat lebih dekat produksi jamur tiram atau kunjungan lainnya seperti arisan, kelompok anak-anak TK atau lainnya.

"Kita juga punya tempat yang bisa menampung 20-25 orang, jadi kalau yang ingin datang ke tempat Jamur Tiram Ninikus kita persilahkan, asal kontak kami terlebih dahulu di website kami www.jamur-fresh-mushroom.com," tuturnya.(*)


Informasi lebih lanjut, hubungi :

  • Lia : 0811-956-045
  • Denny / Uut : 0811-981-145 / 0812-103-1720
  • Rita : 0816-872-633
  • Ike : 0818-0672-1780
  • Email: ninikus@jamur-fresh-mushroom.com
  • Email: mochimochi1107@yahoo.com